Waduh! LSM Ganaas Tuding Kerusakan Jalan Akibat Pemelihaan Jelek dan Kendaraan Oper Kapasitas

SUBANG-Beritaaktualnews. Com-Buruknya sarana  prasara  jalur Lalulintas Pronvinsi Jalan Cagak Menuju Subang Kota, banyak menimbulkan kecelakaan bagi penguna jalan  terutama kendaraan roda dua.


Ketua  Lembaga Suadaya Masyarakat  (LSM)  Gerakan  Aktifis dan Aliansi  Sarjana Subang (Ganaas) Drs. Kaswita kepada beritaaktualnews. Com, Rabu (13/1/2021) mengatakan dengan   rusaknya  kondisi Jalan Provinsi  dari Jalan Cagak  kearah  Subang Kota, Kemudian dari Arah Subang Kota kearah Pamanukan,  arah Subang  menuju  arah  Cipendey dan jalan rusak tersebut  banyak paktor penyebab seperti tonase berlebihan.


“Akibat  cepat rusaknya jalan tersebut diantaranya  banyaknya kendaraan  yang membawa beban muatan lebih dari kapasitas  seperti  truk puso pengakut  air kemasan merek Aqua,  dan dum truk Pengakut batu dan pasir.
Sehingga jalan Provinsi yang di lewati  kendaraan bermuatan melebihi kapasitas rusaknya  sebelah  di bagian kiri jalan jika saat membawa muatan berat dari arah Jalan Cagak menuju  Cipendey, dan Pamanukan”, ujarnya.


Lanjut  Kaswita mengatakan   buruknya kualitas pekerjaan di saat melakukan pemeliharaan  perbaikan jalan  oleh para petugas Bina Marga Provinsi “,terangnya.


“Kami berharap  kepada setiap perusahaan  baik  PT. Tirta Investama Pabrik Aqua Subang, Ssluruh perusaahaan galian pasir ataupun batu, harus ikut bertanggung jawab  terhadap rusaknya jalan  karena faktor penyebab kerusakan jalan  tersebut jelas  akibat kelebihan muatan.


Setiap perusahaan  tidak bisa lepas dari tanggung jawab atau menepis kerusakan jalan  itu akibat musim hujan, secara teori itu benar bahwa musuh aspal adalah ar, akan tetapi jika tidak dilalui kendaraan yang sangat oper kapasitas muatan tidak akan  separah itu tingkat kerusakannya.
 Perusahaan itu ada  (Coorporate Social Responsibility (CSR)  seperti yang telah direalisasikan  PT .Tirta Investama  Pabrik Aqua Subang.


Dengan berkontribusi tersebut dan  jalan  dari Jalan Cagak ke  Cisalak dan Jalan Lunhkar Cagak.
Akan tetapi lebih baik  PT. Tirta Investama  berkontribusi  perbaikan jalan  arah ke Cagak menuju Subang, Cipendey dan Pamanukan berikut perusahaan lainnya harus mengikutinya”, kata Kaswita.


Pernyataan Kaswita pun di benarkan dan  di dukung oleh seluruh sopir Angkutan Kota.
Rusaknya  Jalan  dengan penuh lubang , sering terjadi Kecelakaan dan mengakibatkan cepatnya tingkat kerusakan kendaraan.


Para Sopir Akutan Kota meminta  ketegasan  dari pihak aparat penegak hukum  yakni Kepolisian dan Dinas Perhubungan yang harus galak  menindak demi tegaknya aturan.


Karena menurut para sopir Angkutan Kota, kehadiran kendaraan bermuatan melebihi Kapasitas muatan bukan hanya mengibatkan  tingkat kerusakan Jalan melainkan sering terjadi penyebab kemacetan.


Misalkan kendaraan tidak kuat di Tanjakan, sehingg Putus As Roda belakang akibat tidak kuat menahan beban muatan itu kan menjadi penyebab Kemacetan yang cukup panjang  sehingga sangat mengganggu kelancaran berlalulintas.


Bagi para supir Anggkutan Kota itu cukup mengganggu terhadap target setoran terang  Dudi Supir Angkutan Kota Juran Subang ke Jalan Cagak.

Sementara Kepala Pabrik PT. Tirta Investama Pabrik Subang, Dwi Nofriyadi yang dimintai Konpirmasi melalui Stakeholder Relation Manager Zaenal, mengungkapkan, tingkat kerusakan jalan  itu penyebabnya  dikarenakan sekarang sudah musim hujan.


“Akan tetapi terkait  adanya  kerusakan Jalan Provinsi  pihak Perusahaan PT. Tirta Investama Pabrik Subang sudah membuat kesepakan bersama Dinas Binamarga Provinsi, bahwa  perusahaan  sangat Instenn terhadap perbaikan jalan Provinsi.


Namun atas kesepakatan bersama Dinas Binamarga Provinsi tersebut  ikut berpartisi pasi  dalam perbaikan jalan dari Jalan Cagak Ke Jalur Cisalak.


Selain pbangunan Jalan Beton dari Jalan Cagak menuju Cisalak juga PT. Tirta Investama Pabrik Subang membantu pembangunan jalan Lingkar Cagak, yang berada di wilayah”, ujarnya (ade/bds)

Bagikan: