Kata Bupati Purwakarta Anne: Antar Jemput Lansia Sasaran Vaksinasi, Pemkab Kerahkan 120 Mobdin

PURWAKARTA-Beritaaktualnews. Com-Mengingat, pasrtisipasi lansia yang bersedia divaksin masih cukup rendah. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi tersebut, Pemkab Purwakarta, mengerahkan 120 mobil dinas (Mobdin) milik pejabat, untuk menjemput para lansia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan, program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah adalah bentuk ikhtiar untuk mengatasi pandemi. Saat ini, yang sedang didorong adalah tahapan vaksinasi untuk lansia. “Hari ini, kami beserta jajaran Forkopimda memantau pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia dan warga lainnya,” ujar Anne, di GOR Purnawarman, Rabu (23/6/ 2021).


Menurut Anne, Forkopimda Purwakarta melakukan pemantauan vaksinasi ini untuk melihat secara langsung proses dan pelaksanaan vaksinasi. Sekaligus sebagai bentuk support kepada para lansia yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19.


Selain itu, pihaknya sangat mengapresiasi atas kerelaan para pejabat yang bersedia meminjamkan kendaraan dinasnya, untuk menjemput para lansia. Dengan cara ini, diharapkan para lansia ini bersedia untuk divaksin.


Anne menjelaskan, alasan pihaknya memilih memanfaatkan kendaraan dinas, yakni selama ini banyak lansia yang enggan datang ke lokasi vaksinasi. Dengan alasan utama adalah jarak yang jauh. “Makanya, pada hari ini 120 mobil dinas menyasar rumah-rumah lansia, lalu membawa para orang tua itu untuk divaksin. Semoga cara ini bisa mendongkrak partisipasi lansia dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19,” jelas Anne.


Sementara, dalam keterangannya, Kabid Pengelolaan Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Purwakarta, Hilman Nugraha, mengatakan, 120 kendaraan dinas ini, yakni yang digunakan oleh bupati, yaitu jenis Toyota Fortuner hingga kepala OPD dan kepala bidang, pasca Lebaran, 45 ASN Terpapar Covid-19

Sebanyak 45 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 9 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Purwakarta terkonfirmasi Covid-19. 

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mencatat dari pasca lebaran 2021 hingga saat ini mendapatkan laporan hasil dari ASN yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19.


“Jadi sampai hari ini 23 juni kita menerima laporan dari 9 OPD ada 45 total ASN kita yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Ambu Anne.
Dari 9 OPD tersebut menurut Anne di dominasi ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta. “Iya jadi betul di Purwakarta ada ASN yang juga positif terkonfirmasi Covid-19 paling banyak itu ada dari Dinas Kesehatan dan dari 8 OPD lainnya juga ada ASN nya positif,” ujarnya.


Oleh sebab itu, Anne sudah menerbitkan surat edaran bahwa untuk sementara bila dari OPD terdapat ASN nya yang terdapat positif Covid-19 untuk OPD langsung melakukan 30 persen atau 50 persen Work From Home (WFH).

“Itu sudah kita lakukan dari surat Bupati kepada para kepala OPD jika ada ASN yang terkena maka OPD itu harus WFH antara 30 persen sampai 50 persen sesuai dengan edaran surat dari MenpanRB,” ucapnya.


Meskipun terdapat OPD yang ASN nya terkonfirmasi Covid-19, untuk pelayanan masyarakat tidak akan terganggu namun hanya jam operasionalnya saja yg di batas untuk sementara waktu. (jem/bds)

Bagikan: