Akses Pelabuhan Patimban Subang Jawa Barat, di Bangun Tahun 2022, dan Mulai Oprasi Tahun 2024, Kata Bupati Kang Jimat

PUSAKANRGARA-Beritaaktualnews. Com-Kementerian PUPR tengah mempersiapkan pembangunan Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban Kabupaten Subang, Jawa Barat.
Jalan tol ini menghubungkan ruas Tol Cipali KM 89+125 hingga ruas Pantai Utara sepanjang 37,5 kilometer.


Pemrakarsa Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban adalah konsorsium PT Jasa Marga dengan kepemilikan 50 persen, PT Surya Semesta Internusa (25 persen), PT Daya Mulia Turangga (10 persen), dan PT Jasa Sarana 10 persen.


Nilai investasi untuk membangun jalan bebas hambatan ini sebesar Rp 7,5 triliun.
Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan jalan tol akses Pelabuhan Patimban akan dimulai konstruksinya pada Januari 2022 dan ditargetkan beroperasi pada 2024.


Saat ini, tengah dilakukan pembahasan hasil hasil kajian kelayakan atau feasibility study (FS) yang dilakukan konsorsium”, ujar Menteti.


Hal senada diungkapkan oleh Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti bahwa  hasil FS ini telah dipresentasikan kepada Kasubit Pelaksana dan Pengendalian Direktorat Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan Kementerian PUPR Hardy Pangihutan Siahaan.


“Selanjutnya akan dibahas lebih detail mengenai teknis engineering, secara teknis sudah tidak ada masalah, namun perlu dirinci lebih mendalam dan komprehensif,” kata Subakti.

Sementara itu Bupati Subang Kang Jimat kepada Beritaaktualnews. Com, Selasa (20/10/ 2020) menjelaskan, bahwa akses jalan Tol Pelabuhan Patimban ini dirancang untuk meningkatkan aktivitas ekspor yang bersumber dari kawasan industri di sekitar Cikarang-Cibitung-Karawang hingga Cikampek menuju Pelabuhan Patimban.


“Jalan tol beserta dukungan jalan akses Pantura akan memangkas biaya logistik yang banyak berlokasi di Utara Jawa Barat.
Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing kawasan industri di Indonesia dalam konteks regional dan internasional, dan proyek pelabuhan Patimban akan oprasi pada bulan Januari tahun 2021″,pungkas Bupati Subang Kang Jimat (bds)

Bagikan: