Ada 15 Objek Wisata Subang, Yang Harus di Kunjungi dan Bisa Mewujudkan Masyarakat Desa Sejahtra

SUBANG-Beritaaktualnews. Com-Selaras dengan Program  Visi dan Misi  Pasangan Bupati Ruhimat dan Wakilnya Agus Maskur Rosyadi dalam bidang Wisata.


Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang,Drs.H.Asep Setiapermana M.Si, Rabu 7/1/2021)  menyebutkan, mengenai pariwisata, orang-orang cenderung mencari hal yang baru. Persoalan indah, elok dan segala macamnya itu relatif, tapi yang tidak kalah penting adalah kenyamanan. Kita sudah memiliki Obyek Wisata Pemandian Air Panas SariAter dan  Kawah Tangkuban Parahu yang sudah Go Internasional.


“Pengembangan Desa Wisata Kita Wujudkan Masyarakat Kabupaten Subang yang sejahtera berbasis potensi lokal, seperti yang kita ketahui bersama bahwa ke 15 desa yang berada di Subang Selatan menjadi penyanggah obyek wisata pemandian air panas Sari Ater dan Kawah Gunung Tangkuban Parahu, dimana turis Mancanegara, disamping berwisata ke dua lokasi tersebut mencoba berwisata ke Desa- Desa karena memiliki sumber daya alam yang luar biasa dengan berbagai potensinya baik sumber daya alamnya maupun kearifan lokalnya. 

Kabupaten Subang sangat  kaya akan alamnya  sebelah Utara memiliki luas pesawahan dan pantai dengan potensi wisata air dan pantai.


Sedangkan di sebelah Selatan memiliki landscape pegunungan dengan potensi wisata alam dan agro. Potensi tersebut dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata yang bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat desa,” ujar  Asep.

Lanjut  Asep, untuk mengoptimalkan potensi pariwisata diperlukan kerjasama berbagai pihak karena pengembangan pariwisata bersifat multisektoral, baik dari pihak pemerintah, pelaku wisata maupun masyarakat.

 “Beberapa Desa di Kabupaten Subang saat ini secara aktif melaksanakan kegiatan pengembangan Desa Wisata.


 Oleh karena itu, untuk mendorong semangat tersebut, maka dinas Para Wisata melakukan upaya  Pembinaan kesetiap  Desa Wisata ini,” terangnya.


Saat inu  pihaknya telah menargetkan  Desa Wisata untuk tahun 2021 ini, sebanyak 15 Desa Wisata di Kabupaten Subang yang target tahun ini, yakni antara lain  yaitu, Desa Cupunagara, Desa Cisalak, Desa Cimanggu, Desa Sukakerti, Desa Cibeusi, Desa Cibuluh, Desa Cisaat, Desa Sanca, Desa Cirangkong, Desa Bunihayu, Desa Pasanggrahan, Desa Kasomalang Kulon, Desa Kawungluwuk, Desa Buniara, dan Desa Tanjungsian.

Apabila di Kabupaten Subang, telah terbentuk Desa Wisata, maka hal itu akan menjadi tonggak awal kemajuan desa karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan multiplayer effect dalam peningkatan pendapatan masyarakat.

Dan melalui pengembangan Desa Wisata, mari kita bersama-sama mewujudkan masyarakat Kabupaten Subang yang sejahtera berbasis potensi lokal,” ajak Kepala Dinas Asep.
Sementara  Ketua Kelompok Penggerak Parawisata (Kompepar) Kabupaten Subang,  Alam Rancatan , mengungkapkan dari 15 desa Wisata yang ditunjuk Bupati.

“Baru 6 desa yang berjalan diantara 6 desa ada satu desa yaitu desa Cisaat kecamatan Ciater Subang  sudah menjadi Desa Wisata tingkat Nasional, sedangkan 9 desa lagi masih embrio atau Desa rintisan.


Kurang berkembangnya ke 9 desa Wisata itu akibat kurangnya dari segi Pembinaan ,” terang Alam Rancatan.


Sementara Kasi SDM dan Pengembangan Parawisata Ida Erlinda, membantah terkait adanya tudingan kurang pembinaa terhadap 15 desa Wisata, justru sebaliknya dengan program desa wisata Dinas Parawisata sangat konsen melakukan pembinaan dan memfasilitasi legalitas dan lainnya melakukan pembinaan baik itu rutin maupun tahunan dan bulanan kita juga hari ini.

“Hari ini akan meluncur ke Desa wisata untuk melakukan sosialisasi bagaimana pengembangan desa wisata , karena  jadi program prioritas kita, program jangka menengah dan jangka panjang kita masih fokus pengembangan.


Dri 15 desa ada 14 desa belum siap jual. Masih dalam proses atau rintisan, untuk terus mengembangkan desa Wisata, Sudah dibentuk Kelompok Dasar Wisata (Pokdarwis), dari hasil pembinaan terhadap desa Wisat”, ujarnya. (ade/bds)

Bagikan: