Sejumlah Kalangan Mempertanyakan Penggunaan Dana Bos Sepanjang Musim

SUBANG-Beritaaktualnews. Com-Sejumlah Kalangan  Mempertanyakan  Penggunaan  Biaya Operasional  Sekolah ( BOS) untuk Sekolah ,dari mulai Tingkat Sekolah SD,SMP dan SMA, di masa Pandemi Covids-19.


Ketua  Lembaga  Suadaya Masyarakat  (LSM)  Gerakan Aktifis dan Aliansi  Sarjana Subang( GANASS)  Drs. E.Kaswita, mempertanyakan  terkait penggunaan  Uang untuk Biaya Operasional  Sekolah ( BOS) selama  Pendemi Covids-19 yang hampir dua tahun lebih, ucap Kaswita, Senin (5/4/2021).


Kaswita menyebutkan sesuai Permendikbud tentang Perubahan atas peraturan  Mendikbud No.8 tahun 2020, rentang Plpetunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler.
Menurut Kaswita, ada Ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 , Petunjuk teknisnya di nomor 99 di ubah
Diantara Pasal 9 dan Pasal 10 disisipkan 1 (satu) pasal yakni Pasal 9A sehingga berbunyi.


Selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat, sekolah dapat menggunakan dana BOS reguler dengan ketentuan. 

Pembiayaan langganan daya dan jasa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (2) huruf g dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan/atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah; dan pembiayaan administrasi kegiatan sekolah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat 2 huruf e dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfectant), masker atau penunjang kebersihan lainnya.

Ketentuan pembayaran honor paling banyak 50 persen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (3) tidak berlaku selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 oleh Pemerintah Pusat. Pembiayaan pembayaran honor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diberikan kepada guru yang berstatus bukan aparatur sipil negara dan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: tercatat pada Dapodik per 31 Desember 2019, belum mendapatkan tunjangan profesi; dan memenuhi beban mengajar termasuk mengajar dari rumah dalam masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 yang ditetapkan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

 Ketentuan penggunaan dana BOS Reguler sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) mulai berlaku sejak bulan April tahun 2020 sampai dengan dicabutnya penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-l9 oleh Pemerintah Pusat.


Yang menjadi Pertanyaan,apakah seluruh tingkatan Sekolah di Subang, sudahkah ,menerapkan seperti itu, karena banyak orang tua Siswa ,maupun Guru Honorer yang mengadukan kepada GANSS.


Bahwa hampir setiap sekolah melanggar Permendikbud, atau melakukan penyimpangan, untuk itu GANASS ,akan mengambil Sample kepada beberapa Sekolah di Subang sesuai yang diadukan mereka”, tegasnya.


Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang, Dr.H.Aep Sapudin,M.Pd, sekaligus Kordinator BOS, menyampaikan.

Untuk penggunaan dana BOS di masa pandemi ini ada beberapa hal yang mengacu kepada juknis khususnya tentang juknis penggunaan dana BOS 2020-2021 sekarang.


 Untuk tahun tahun 2021 penggunaan dana BOS secara sistematika diluncurkan oleh kementerian keuangan langsung ke rekening sekolah. “Keterkaitan dengan dinas pendidikan yakni terdapat saklar kerja Bos yaitu pengawasan dan juga pembimbingan mengenai pembuatan rencana  anggaran sekolah (Arkas).


 Sedangkan, fungsi dari pengawasan saker Bos itu sendiri adalah mengawasi perencanaan arkas sekolah untuk kemudian diperiksa oleh tim pengawasan dan dilihat sesuai tidaknya dengan juknis, jika anggaran sekolah sudah sesuai maka akan langsung disetujui dengan ditandatangani dan dapat langsung dicairkan. 

Kemudian dalam juknis sendiri terdapat 11 item  penggunaan dana BOS salah satunya untuk honor kemudian untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya PPDB atau penerimaan siswa baru, dan juga untuk perkembangan kurikulum. 

Selama pandemik dana BOS juga dapat digunakan contohnya dalam mengisi kuota siswa itu sendiri,” pungkasnya.(ade/bds)

Bagikan: