Elita : Pencegahan Covid 19, Dinkes Subang Dinilai Lambat


SUBANG-Beritaaktualnews.com – Partai Golkar Kabupaten Subang mengapresiasi tanggap cepat atau quick respon Bupati Subang H. Ruhimat dan Wabup Subang Agus Masykur dalam menanggani pencegahan Covid 19.


Saat untuk tahap awal. 2,5 Milliar sudah dikucurkan untuk kegiatan pencegahan virus Corona dan dilanjutkan tahap kedua dengan anggaran 10 Miliar dan sudah disetujui oleh DPRD Subang dalam pergeseran anggara APBD 2020.


“Kami DPRD setuju untuk melakukan perubahan Anggaran khusus tersebut,” Kata Elita Budiarti Wakil Ketua DPRD Subang dan sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Subang
Perubahan anggaran tersebut dikhususkan untuk pengadaan Sarana dan Prasarana Pasien yang terkena Virus Corona, seperti APD , hand sanitizer, gloves , N95.


“Untuk tempat akan menyusul, dan untuk kekurangnya sekitar 100 Milliar akan direlokasikan untuk semua kegiatan penanggulangan Covid 19,” Kata Elita.


Menurut Elita dampak ekonomi dari Virus Corona yang dimana masyarakat diwajibkan untuk menghentikan segala aktifitas kekerja juga diutamakan.

“Karena juga akan berdampak masyarakat yang renta dengan penurunan ekonomi,” Kata Elita.


Permasalahan saat ini masyarakat yang rentan kemisikinan masih banyak yang belum didata.


“Permasalahan yang utama ada dana sudah disiapkan oleh Bupati tetapi Dinkes selaku PA yang akan mengunakan atau membelanjakan begitu lambat dalam proses kontraktual sehingga timbul keresahan diantara tenaga kesehatan sebagai garda depan dalam penanganan pasien, seharusnya mereka itu harus dilindungi,” Kata Elita.


Tapi Dinkes selaku PA yg akan menggunakan ataubmbelanjakan begitu lamban dm proses kontraktual sehingga timbul keresahan di antara nakes sbg garda terdepan .. mereka harus diblindungi dgn APD yang lengkap ..

Elita memaparkan bahwa 1 orang tenanga kerja yang mengalami sakit akan berdampak ratusan pasien yang terlantar.

“Saya usulkan juga supaya Intensif tambahan untuk tenaga medis terutama yang langsung posisi bekerja dalam pelayanan, dan Dinkes harus cepat tepat jangan main-main dalam bekerja,” Kata Elita.

Elita juga mengkritisi kinerja lainnya untuk terus mensosialisasikan bencana Covid 19.

“Juga BPBD dan semua jajaran pemerintahan daerah juga Forkopimda focus kepada penanggulangan Covid 19 ini dengan mensoaialisasikan yang tepat kepada masyarakat yaitu dengan cara memutus rantai penularan,” Kata Elita.


Salah satunya dengan cara physical distancing dan menjaga personal hygiene yaitu cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir bukan dengan desinfektan.

“Kami juga sepakat dengan bupati dan jajaran nya agar gugus tugas juga di bentuk di kecamatan juga desa,” Kata Elita(Run/Bds)

Bagikan: