Waduh Orang Subang, Ditangkap Polisi Terkait Penggelapan Lima Unit Mobil Rental


SUBANG-Beritaaktualnews. Com-Reza Ahmad Handriana, warga  Kabupaten Subang (40), setelah diberi kepercayaan untuk mengelola mobil temannya, tapi Reza justru menggadaikan kendaraan itu. 


Akibat perbuatan yang terjadi di Kiaracondong, Kota Bandung pada Agustus hingga September 2020 lalu itu, Reza kini mendekam di sel tahanan Polsek Kiaracondong. 

Reza dijerat Pasal 378 dan 372 KUHPidana tentang Penipuan dan Penggelapan, diancam hukuman di atas 5 tahun penjara. 


Kasat Reskrim Polrestabes Bandung Kompol Adanan Mangopang mengatakan, kasus dugaan penipuan dan penggelapan ini berawal dari kerja sama antara pelaku Reza dengan korban. 

“Kepada para korban, Reza mengaku memiliki sejumlah kenalan pengelola objek wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Subang. Para korban percaya karena telah kenal dengan Reza, sehingga mempercayakan kendaraan mereka dikelola oleh pelaku. 


Tersangka menjanjikan hasil dari pengelolaan kendaraan itu Rp1,1 juta per unit per pekan. 

Lima kendaraan korban disewa oleh Reza untuk digunakan antar jemput wisatawan,” kata Kasatreskrim di Makosat Reskrim Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kemarin”, ujarnya.


Lanjut Kasatreskim mengatakan,  dalam perjalanannya, bisnis yang dikelola Reza ini bermasalah, selain tidak  mendapatkan hasil seperti yang dijanjikan, kendaraan korban pun hilang entah kemana. 


“Bahkan, pelaku Reza sulit dihubungi, ketika  didatangi ke rumah kontrakannya di Kota Bandung, tidak ada. Akhirnya para korban melapor ke Unit Reskrim Polsek Kiaracondong. 

Tersangka kabur dan buron selama tiga bulan, namun berkat kerja keras dan kesungguhan penyidik Polsek Kiaracondong, kasus bisa terungkap dan Reza berhasil ditangkap di tempat persembunyiannya di Kabupaten Subang,” ujarnya. 

Reza mengaku menggadaikan lima kendaran tersebut dengan harga berkisar antara Rp25 juta hingga Rp30 juta per unit. 

Kendaraannya digadaikan ke beberapa orang di Subang, kemudian uang hasil kejahatan tersebut digunakan oleh yang bersangkutan (tersangka Reza) untuk keperluan sehari-hari,” tuturnya.

Selain menangkap Reza, polisi juga berhasil mengamankan lima unit kendaraan yang telah digadaikan tersangka, kelima kendaraan itu kini diamankan di Mapolrestabes Bandung.

“Lima unit kendaraan sudah diamankan. Kasus ini kami kembangkan ke korban yang lain,” kata Kasatreskrim. (bds)

Bagikan: