Tahun Baru Hijriah Momentum Untuk Introspeksi


KALIJATI- Pengajian dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H/2019 M, Rabu (11/9/2019), mendapat sambutan dari umat muslim warga Lanud Suryadarma, Kalijati Subang.

Ratusan umat muslim memenuhi Masjid Arrahman Lanud Suryadarma, untuk mendengarkan siraman rohani dari K.H. Toto Ubaidillah.

Menurut  Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc yang dibacakan Danwing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Taufik Arasj mengatakan, bahwa peringatan tahun baru Islam  untuk mengenang peristiwa besar, yaitu hijrah Nabi Muhammad SAW, dari Mekkah ke Madinah. 


“Peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriyah ini,  tentunya tidak hanya sekedar mengikuti tradisi atau kebiasaan semata, akan tetapi dapat kita jadikan sebagai wahana untuk introspeksi  dan mawas diri untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik dari waktu sebelumnya.

Dengan memahami peristiwa hijriyah tersebut, maka sangatlah tepat jika peringatan kali ini bertemakan, jadikan Hikmah Tahun Baru Islam 1441 H/ 2019 H Sebagai Momentum Peningkatan Iman, Taqwa dan Profesionalisme Prajurit Guna Mendukung Tugas Pokok TNI.


Tema ini mengandung makna penting terutama bila dihadapkan dengan tuntutan tugas Prajurit dewasa ini yang semakin hari semakin tidak ringan sehingga harus diawaki oleh personel-personel yang berkualitas dibidang tugasnya masing-masing dan memiliki keimanan  ketaqwaan serta disiplin yang tinggi”, ujar Kolonel Pnb Taufik.

Sementara itu dalam tausiahnya  K.H. Toto Ubaidillah menjelaskan bahwa peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Nabi Adam Alaihissalam beserta anak cucunya ribuan tahun yang lalu, namun spirit dan semangat tersebut harus terus dilestarikan hingga kapanpun. 

“Orang yang mampu berhijrah ialah mereka yang memiliki modal iman dan taqwa, hijrahnya di jalan Allah Subhanahu Wata’ala dengan cara mengeluarkan hartanya bahkan jiwanya.

Hal itu semata-mata mencari ridho Allah Subhanahu Wata’ala”, kata K.H Toto (bds)

Bagikan: