Satu Siwa SMA Plus Astahannas Subang Lolos Ke Paskibraka Provinsi dan Pelatih Gembleng 35 Calon Paskibraka


SUBANG-Beritaaktuslnews. Com-Dinas Parawisata Pemuda   olahraga (Disparpora) melalu Seksi Kepemimpinan Kepeloporan dan Kejuangan Pemuda  Kabupaten Subang Sri Mulyati, Senin (14/6/2021) menyampaikan, telah melewati tahap seleksi yang menyaring Calon Paskibrara kurang lebih 500 siswa siswi SMA SMK Negeri dan Swasta se kabupaten Subang menjadi 35 orang tim terpilih.

Tahun 2021 Subang,  meloloskan satu  orang Calon Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat atas nama Ravi Adam asal SMA Plus Astha Hannas  Subang.

Menurut Sri, menyebutkan bahwa  Paskibraka adalah pasukan khusus yang bertugas dalam pengibaran bendera pusaka dimulai dari tingkat nasional sampai dengan tingkat kabupaten. 

“Proses penyelenggaraan Paskibraka  diatur dalam Permenpora dengan  Nomor 65 Tahun 2015 yang memuat mekanisme seleksi hingga pemusatan pendidikan dan latihan Paskibraka.

 Adapun pola pendidikan dan latihan Paskibraka  Kabupaten Subang menganut prinsip penerapan pola Desa Bahgia, dimana para anggota Paskibraka  dididik wawasan kebangsaan, penerapan nilai nilai Pancasila  dan berjiwa sederhana, menumbuhkembangkan rasa gotong royong, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, lalu dilatih kemampuan baris berbaris, formasi barisan, dan lipat bentang bendera.

Saat ini calon Paskibraka Kabupaten Subang tengah menjalani pra pendidikan dan latihan dengan polakurikulum pendidikan kebangsaan dan dilatih kemampuan baris berbaris”, ujarnya.

Lanjut Sri bahwa Plpradiklat kali ini berbeda, para Capaska menjalani latihan di berbagai tempat dan berbeda materi dimulai dari Kepemimpinan dan Kesehatan diri di SMPN 3 Subang, Ketahanan NKRI di Kodim  0605 Subang, kesadaran hukum di Polres  Subang, dasar bela Negara di Yonif  312 Kala Hitam, dan terakhir mengenal ketahanan dirgatara RI di Lanud Surya Dharma.

Selama pelatihan  menurut Seksi Kepemimpinan Kepeloporan dan Kejuangan Pemuda, seluruh pelatih  terus berupaya menjaga protokol kesehatan menerapkan 5 M dalam setiap latihan dan melakuan test swab antigen sebelum pelaksanaan latihan. 

 Adapun Proses formasi pengibaran bendera HUT Kemerdekaan RI tahun 2021 selanjutnya masih menunggu surat edaran dari menteri secretariat negara dan menteri pemuda olahraga RI.” Pungkasnya.(ade/bds)

Bagikan: