DKPP RI Harus PAW Komisioner Bawaslu Subang Yang Melanggar Kode Etik Pemilu

SUBANG- Beritaaktualnews. Com- Lima Komisioner Bawaslu Subang, Kamis (28/11/2019), akan di sidang kode etik terkait pelanggaran Pileg tahun 2019 diantaranya money poltik di Kabupaten Subang kemarin, dan  sidang kode etik tersebut dipuasatkan di Bawaslu Jawa Barat jalan Turangga Bandung oleh DKPP RI.


Menurut Pemantau politik dan hukum Kabupaten Subang Ujang Supardi kepada Beritaaktualnews. Com mengatakan, dengan disidang lima Komisioner terkait kode etik oleh DKPP RI, hal itu jelas merupakan pelanggara n pemilu  bagi Bawaslu, dan KPU Subang.

“Sidang tersebut merupakan  pengaduan atas nama Ahmad Sulaeman  nomer 335-P-/L- DKPP/X/2019, diregistrasi, dengan nomer panggilan  sidang  nomer 4698/ PS. DKPP/Set. 04/XI/ 2019.

Pada waktu pileg dan Pilpres kemarin, banyak laporan pelanggaran pemilu  kasus money politik, dan pelanggaran lainnya, dan Bawaslu dan KPUD Subang, pada waktu itu tidak menindaklanjuti laporan tersebut, seharus Bawaslu dan KPUD Subang cepat tanggap, dan juga menindaklanjuti laporan masyarakat.


Hal itu  jelas dalam undang- undang pemilu nomer 7 tahun 2017, tentang pelanggaran money politik, kartu keanggotaan ganda, dan pelangaran pemilu harus diproses hingga tuntas,  oleh DKPP, Bawaslu RI, dan Bawaslu Jabar harus  menjalankan Undang-Undang. 


Apabila tidak diproses secara aturan hukum yang berlaku oleh DKPP, Bawaslu RI, dan Bawaslu Jabar  untuk Komisioner Subang,  DKPP menjalankan undang- undang nomer 7 tahun 2017, tentang pelanggaran money politi, minimal Bawaslu  Subang berhentikan secara tidak hormat atau PAW, karena sudah melakukan pelanggaran pemilu dan tidak menjalankan undang-undang pemilu nomer 7 tahun 2017″, ujar Ujang Supardi ( bds)

Bagikan: