Dana Desa Dapat di Gunakan Untuk Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Kabupaten Subang

Dana Desa dapat digunakan Untuk  Pencegahan Penyebaran Virus Corona

SUBANG- Beritaaktualnews. Com- Akibat Virus Corona Dana Desa belum bisa di Cairkan.

Menurut Bupati Subang H.Ruhimat, kepada  Beritaaktualnews. Com, Rsbu (27/3/2020)  mengatakan bagi seluruh Kepala Desa di Kabupaten Subang bahwa dana desa dapat digunakan untuk kegiatan pencegahan Penyebaran Virus Corona  atau Covid  19, hal itu berdasarkan intruksi dari dirjen, PDT, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meminta seluruh pemerintah daerah untuk ikut menangani penularan Virus Corona(Covid-19) dengan memanfaatkan dana desa.


“Secara eksplisit ditekankan bahwa dana desa bisa digunakan untuk langkah-langkah pencegahan di bidang pelayanan sosial dasar, khususnya dalam kesehatan masyarakat desa.


Dana desa merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga berbagai macam aspek, salah satunya sebagai dana antisipasi di tengah pandemi virus corona saat ini.


Kami meminta Dispemdes segera mengatur langkah – langkah apa yang harus dibuat untuk menguatkan Dana Desa dipergunakan Pencegahan Penularan Virus Corona,harus segera dan dipercepat, Saya Siap menandatanganinya”, ujar Bupati Ruhimat.


Sementara itu Kepala Dinas Pemerintahan Desa Drs.H.Nana Mulyana M.Si, menjelaskan, berdasarkan surat edaran Menteri Desa, PDT dan Transmigraai Nomor 8 Tahun 2020, tentang Desa tanggap darurat dan Penegasan Padat Karya Tunai (PDKT) bahwa Dana Desa Dapat digunakan untuk pencegahan dan penanggulangan Covid 19.

“Desa-desa yang masuk dalam wilayah Keadaan Luar Biasa (KLB) APBDes dapat langsung diubah untuk memenuhi kebutuhan tanggap Covid 19.

Kriteria desa yang termasuk Wilayah KLB diatur dengan Peraturan Bupati,
Kalau tidak salah di Kabupaten Subang belum ada desa yang termasuk wilayah KLB dan semoga tidak terjadi, akan tetapi untuk pencegahan Covid 19 desa dapat mempergunakan Dana Desa dengan syarat harus melakukan Perubahan APBDes melalui Musyawarah Desa dengan BPD.
Berdasarkan surat edaran tersebut seluruh kades harus membentuk Relawan Desa Lawan COVID 19″, kata Nana (ade/ bds)

Bagikan: