SUBANG – Komisioner  Badan Pengawas Pemilu (Baswaslu) Jawa Barat, Lolly Suhenty meminta warga masyarakat mengawasi kinerja anggota pengawas Pemilu. Pasalnya, pihaknya telah banyak menerima keluhan terkait integritas dan pengawasan Panitia Pengawas Pemilu terutama di tingkat Kecamatan (Panwascam). 
Acara tersebut di hadiri oleh Partai Politik Peserta Pemilu, Pemantau Pemilu, Insan Pers, OKP/Ormas, Saka Adhiyasta Pemilu dan Ketua Panwascam se-Kabupaten Subang, dan kegiatan yang berlangsung sehari ini, diisi pemateri dari Bawaslu Jabar dan komisioner Bawaslu Subang mulai dari Ketuanya, H. Parrahutan Harahap, Juju Juhariyah, Cucu Kodir, dan Imanuddin serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Subang, Euis Yuliawati.
Hal ini terungkap saat pertemuan dengan tim dari Capres 01 dan Capres 02, ternyata muncul curhatan dan keluhan terkait komitmen dan integritas Pengawas di tingkat Kecamatan. 
Menurut Lolly kepada wartawan, Sabtu (6/4/2019) di Lembah Sari Mas Ciater Subang saat membuka Sosialisasi Produk Hukum Pengawas Pemilu mengatakan, bahwa sekarang dan ke depan ditemukan hal yang tidak benar, tidak sesuai dengan tupoksinya agar dilaporkan ke struktur atasnya, bila perlu ke Provinsi atau Bawaslu Pusat dan saya tidak ingin terjadi di Subang, dirinya menjelaskan, di antara masalah yang terlontar yaitu terkait petugas yang tidak netral dan transkasional di lapangan. 
“Masalah ini, jelasnya, menjadi pukulan keras sekaligus pil pahit yang harus ditelan lembaga Bawaslu, dan keluhan ada Panwascam dikasih amplop diam, ada Panwascam membiarkan proses transaksi money politik, ini menyakiti idealisme saya dan kelembagaan.
Berbagai peraturan yang ada baik Undang-undang maupun turunannya bukan sebagai pajangan belaka, tetapi harus dilaksanakan dan sikap berintegritas serta komitmennya merupakan harga mati bagi Bawaslu, dan  tolong diingat, integritas bukan soal Rp1 juta, Rp100 ribu atau Rp1000, tapi soal yang bisa dipertanggungjawabkan. Jangan pernah membuat tidak adil kepada seluruh peserta pemilu, karena sejatinya pengawas pemilu adalah tonggak Demokrasi,” ujar Lolly ( bds)
.

Bagikan: